Model Bauran Orientasi Strategi Berbasis Lingkungan dalam Mencapai Kinerja UMKM yang Tangguh

  • darmanto - anto stiepignatelli

Abstract

Tujuan penelitian merumuskan model percepatan peningkatan kinerja UMKM dengan
bauran orientasi strategi, demografi, ekonomi dan milai budaya. Bauran orientasi strategi
terdiri dari orientasi pelanggan, pesaing dan inovasi. Variabel demografi terdiri gender, usia,
pengalaman dan pendidikan. Variabel ekonomi terdiri pemerintah, harga, pendapatan dan
pertumbuhan. Variabel budaya terdiri dari budaya Jawa, Cina dan Padang . Variabel
orientasi pelanggan mempunyai Variabel anteseden yang terdiri kewirausahaan, reward dan
pembelajaran.
Populasi penelitian ini yaitu UMKM makanan di Jawa tengah. Sampel 750 dipilih
dengan teknik convenience sampling, Analisis Cros tab digunakan untuk mengetahui
pengaruh variabel demografi, ekonomi, budaya pada variabel anteseden orientasi pelanggan,
dimensi orientasi strategi dan kinerja organisasi. Analisis Struktural Equation Model (SEM)
digunakan unttuk menguji pengaruh variabel anteseden pada orientasi pelanggan, dimensi
orientasi strategi pada kinerja organisasi, peran variabel perubahan memoderasi orientasi
pelanggan dan pesaing pada orientasi inovasi, peran variabel keunggulan bersaing
memediasi orientasi pelanggan, inovasi dan pesaing pada kinerja organisasi
Hasil penelian ini adalah Model yang dapat diterapkan untuk mempercepat peningkatan
kinerja organisasi. Model ini membuktikan bahwa variabel demografi, ekonomi dan nilai
budaya berpengaruh pada variabel anteseden orientasi pelanggan, dimensi orientasi strategi
dan kinerja organisasi. Variabel anteseden berpengaruh pada orientasi pelanggan Dimensi
orientasi strategi berpengerug pada kinerja organisasi, Variabel perubahan tidak memoderasi
orientasi pelanggan dan pesaing. Variabel keunggulan bersaing tidak memediasi orientasi
pelanggan, dan pesaing pada kinerja organisasi. Variabel orietasi perubahan merupakan
variable independen dari orientasi inovasi. Variabel keunggulan bersaing sebagai variable
independen dari kinerja organisasi UMKM. Hasil ini digunakan untuk mendesain Model
percepatan peningkatan kinerja UMKM makanan di Jawa Tengah Indonesia dengan variabel
bauran orientasi strategi berbasis lingkungan. Pada akhir penelitian ini model berhasil di uji
feasibilitasnya, validitasnya, disosialisasikan, di implementasikan, di evaluasi dan di
desiminasikan.

References

A. Emre Demirci1, 2013. Strategic Representation of an Abstract Reality: Spiraling
Relations between Organizational Culture and Innovativeness,:Journal of
Management and Strategy Vol. 4, No. 3
Alias, R., TEY,Y.S. 2012, Demand analyses of food in Malaysia: Effects of model
specification and demographic variables, University Library of Munich,
Germany in its series MPRA Paper with number 15063
Ana, L. Dionysis, S. & Carmen, L. 2011. Innovative Capabilities: Their Drivers and
Effects on Current and Future Performance, Journal of Business Research.
Vol.64, p. 34-48.
Andreas, K., Harald, S. 2013. The role of employees for post-entry firm growth,
Springer in its Journal Small Business Economics Vol. 41: 3 Pp 733-755
Ang Y.S., Lee V,H. & , Tan B. I.2011. The Impact Of TQM Practices On Learning
Organisation and Customer Orientation: A Survey Of Small Service
Organisations In Malaysia, International Journal of Services, Economics and
Management,Vol. 3, p.62-77
Antonio, N.F. Emilio, R, & Jose, D. 2010. Implication of Perceived Competitive
Advantage, Adaptation of Marketing Tactics and Export Commitment on
Export Performance, Journal of World Business, Vol. 45. p.287-300
Bartle, P. ,2010. Sixteen Elements of Organizational Capacity Components that
Change as it gets Stronger, Lokakarya Handout, p.1-24
Basile, A.,2012. Entrepreneurial Orientation in Smes: Risk-Taking To Entering
International Markets, Journal Far East Journal of Psychology and Business,
Vol. 7, p.87-103
Chul, K.Y.,2013. Learning Orientation, Dynamic Capabilities and Performance in
Korean High - Tech Ventures, Journal Advances In Management, Vol. 6,
p.79-96
Coleman, S., Kariv, D.,2013. Gender, Performance and Financial Strategy: A
Dynamic Capabilities Perspective, Journal of Developmental
Entrepreneurship, Vol. 18, pp.20-
Cristina, S.,2011. The Marketing Entrepreneurship and the SMEs Competitiveness,
Journal of Knowledge Management, Economics and Information Technology,
Vol.1,p. 8-2
Cui Xiaoming, Hu Junchen, 2012A. Literature Review on Organization Culture and
Corporate Performance, International Journal of Business Administration,
Vol.3, No. 2.
Danieule, S. (2012). Italian Medium-Sized Enterprises and The Fourth Capitalism,
Journal of Applied Economic Sciences.Vol.VII, 4.Pp. 437-446
Published
2020-01-08
How to Cite
anto, darmanto. (2020). Model Bauran Orientasi Strategi Berbasis Lingkungan dalam Mencapai Kinerja UMKM yang Tangguh. Media Akuntansi, 31(02), 18. Retrieved from http://jurnal.stiepignatelli.ac.id/index.php/mak/article/view/41