Growth Enterpreunership Sebagai Variabel Moderating Berbasis Manajemen Kinerja Lingkungan Menuju Green- Bussines Organizational

  • Margaretha Prihatiningsih Stie St Pignatelli

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Green Bussiness Organizational dipengaruhi Kinerja Manajemen Lingkungan dengan dimoderasi oleh Growth Enterpreunership IKM/UKM Di Solo Baru Jawa Tengah Dapat meningkatkan Tenaga Kerja Terdidik, Terlatih & Terampil IKM/UKM Di Solo Baru Jawa Tengah.
Metodologi yang digunakan untuk memecahkan persoalan dalam penelitian ini menggunakan Metode Survey terhadap 200 responden anggota IKM/UKM di Solo Jawa Tengah yang terdiri dari 100 responden IKM/UKM yang berada disekitar Kampus STIE dan 50 responden berada di Sekitar SMK St. Paulus Pajang Laweyan Surakarta Jawa Tengah serta 50 responden berada di sekitar Solo Baru Sukoharjo Jawa Tengah. Dari Populasi yang berjumah 200 responden ditabulasi datanya dan dipilih sebagai sampel 100 responden dengan skore terbaik dari masing-masing Variable Independen & Variabel Dependennya. Variabel Independenya adalah Kinerja Manajemen Lingkungan Bisnis/AMDAL(X1); Kinerja Manajemen Lingkungan Pemasaran & Produksi (X2); Kinerja Manajemen Administrasi & Keuangan (X3); Kinerja Manajemen Administrasi & Kepegawaian SDM,(X4); SertaEnterpreunership Sebagai Variabel Moderating (X5).Sedangkan Variabel- Dependennya (Y) Green Bussines Organizational. Model Persamaan yang digunakan adalah Model SEM1 & SEM4.

Berdasarkan Hasil Uji F dan Uji t didapat hasil sebagai berikut : Kinerja Manajemen Lingkungan /AMDAL (X1); Manajemen Pemasaran & Produksi (X2); Administrasi & Keuangan (X3); SDM (X4) dan Enterpreunership sebagai variable moderating (X5) secara Individu berpengaruh terhadap (Y1) sebesar : 26,1%; 29,1%; 4%; 0.8%, 0.8%. signifikansi 1% Sedangkan Terhadap (Y2) berpengaruh secara individu sebesar : 10.7%; 0.0%; 42.6%; 39% signifikansi 1%. Terhadap (Y3) sebesar 7.9%; 0.0%; 42.6%; 0.0% signifikansi 1%. Jika Secara simultan terhadap (Y1) ditunjukkan o Nilai F sebesar : 21.3% dengan Nilai R sebesar 28,7% signifikansi 1%. Terhadap (Y2) Nilai F sebesar 38,2%, dengan Nilai R sebesar 37,2% signifikansi 0.0% atau 1%; Dan Terhadap (Y3) Nilai F = 29% dengan Nilai R sebesar 74,1% signifikansi .000 atau signifikansi 1%. Dari Hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Var-(X1) sd.Var-(X5) Terhadap (Y1) berpengaruh secara simultan sebesar 21,3%. Sedangkan berpengaruh terhadap (Y2) secara simultan sebesar 38,2% dan Terhadap (Y3) berpengaruh secara simultan sebesar 29%. Jika DigabungHasilnya menjadi ( 21,3% Plus 38,2% Plus 29% = 88,5% ). Hasil ini sudah sangat bagus artinya masing-masing variable Independen sangat berpengaruh signifikan positip terhadap variable Dependen yaitu Green Bussiness Organizational IKM/UKM Di Solo Baru Jawa Tengah sebesar 88,5%.

References

1. Arsury, (2007), Pendidikan yang Humanistik, http: 11 arsury blogspot (2007,2012) Pendidikan yang Humanistik.html (14/10/2009).
2. Auley, Mejohn Yoane Duberly Johson, (2007) Organizm Theory Challenges and Perspective Printice Halls.
3. Andri Ratnasari dan Drs. H.Kirwani SE, MM, (2017) Peran IKM Dalam Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Ponorogo.
4. Athika Shidi Cahyana, Udi Subakti. C. Bustanul Arifin Noer (2015), Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri ITS- Surabaya, Peranan IKM di Indonesia dalam melakukan pengelolaan lingkungan yang dapat meningkatkan efesiensi dan efektivitas.
5. Baedowi, (2007), Kebiajakan Otonomi Daerah di Bidang Pendidikan, Konsep Dasar dan Implementasi; Semarang, Penerbit: Kanisius. --------, (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia, Semarang, Penerbit: Pelita Inzani.
6. Bodendorf, Freimutand and Florian Lang-2009 Automated Service for Market-Based E Commerce Fransactions, Proceeding of The International Multi Conference of Engineer and Computer Scientist, 2009, vol 1 IMECS 2009, March 18 -20, 2009 Hongkong.
7. Darmanto, (2005), Keterkaitan Kinerja Pemasaran, Orientasi Pelanggan : Orientasi Kewirausahaan, Sistem Reward, dan Orientasi sebagai Variabel Antesiden, Jurnal Ilmiah Media Akuntansi, Edisi No. 78, Tahun XXVI –Juni 2015, hal: 1- 13.
8. Darmanto, FX. Sri Wardaya, Titik Dwiyani, (2015) Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi, Penerapan Variabel Antesiden, Moderasi dan Mediasi dalam Penelitian Ilmiah: Yogjakarta, Penerbit: Deepublish.
9. Estiningyatstuty, (2005), Peranserta Pengusaha Kecil dalam Menanggulangi Krisis Ekonomi 2000/2001; Jurnal Ilmiah Media Akuntansi, Edisi No.36 Tahun X, Maret 2001, hal: 70-80.
10. Fencel, Detall-2001, Product Data Commerce,IEEE. Intelegent System Masvold Ruder, 2008, ICME, Norway, Matematics Education at University of blogspot.com/2008/2007/icme-11-day-2 html (1710, 2009).
13. Handayaningsih, Sri Wahyu Pujiono, 2009, Pembuatan Model Technologi Informasi Paket Wisata UKM Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Kerakyatan, Proseding Seminar Nasional (email, 2009) UPN Veteran Yogjakarta, 23 Mei 2009.
14. Jauhari Jaidan, 2010, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi (JSI) Vol.2. No.1 April 2010. Hal:159-168.
15. Kuncoro Mudrajad, 2008, Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Ekonomi Global Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008 (online) htt: 11 www, Mudrajad com/upload/7% 20 Tantangan % 20 UKM % 20 di Jawa Tengah % Krisis % 20 global pdf. Diakses tanggal 5 Juni 2010.
16. Kristiyanti Mariana, 2012, Peran Startegi Usaha Kecil & Menengah (UKM) dalam Pembangunan Nasional Majalah Ilmiah Informatika Vol.3 No.1 Januari 2012, hal: 63-89.
17. Kurniawan, Didi, 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia (online) htt: didikan ekonomi kerakyatan dengan akselerasi sector riil dan ukm/ diakses tanggal 5 Januari 2010.
18. Kuspriani Lista, 2009. Studi Tentang Organisasi-Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
19. Lita Febriani, 2015, Karakteristik Pengaruh Agaist Regional-Regional Income Grouwth In Local Government in Est Java Year 2011-2012, Jurnal Ilmiah Media Akuntansi, Edisi No. 78. Tahun XXVII April – Juni 2015, hal: 60-80.
20. Prihatiningsih Margaretha, 2013 Peranan Sistem Pengendalian Manajemen dalam Penentuan Strategi Guna Perancangan Kinerja Perusahaan, Jurnal Ilmiah Media Akuntansi Edisi No. 73 XXIV Oktober-Desember 2013. Hal: 47-67.
21. Sukarno, (2005), Model Pembelajaran Statistik melalui Pembelajaran Terarah, Media dan Assesment Otentik, laporan Penelitian Hibah Pengajaran, Surakarta, FKIP UNS.
22. Sukarno.B., 2005. Tinjauan Filsafat tentang Pancasila sebagai Filsafat. Surakarta: UNS Press.
23. Sukarno Anton, 2006. Pelayanan dan Model Pembelajaran Anak Berkesulitan Belajar, Surakarta: UNS Press.
24. Sukarno Anton, 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan. Semarang: Penerbit FIP IKIP PGRI Semarang.
25. Sukarno Anton, 2015. Filsafat Pendidikan, Semarang : UPGRIS Semarang.
26. Sukarno Anton, Venty, (2015) Penilaian Pendidikan, Semarang : UPGRIS Semarang.
27. Supo, 38044, UKM Serap 163.830 Harian Umum Sriwijaya Post, tanggal 15 April 2010.
28. Siti Nurhayati ( 2012), Universitas Sebelas Maret Surakarta Melakukan penelitian dengan Judul : Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Dalam Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Di Kota Surakarta Jawa Tengah
29. Toety Sukamto, Udin Syariffudin Winotoputra, 1995. Teori Belajar dan Model –model Pembelajaran, Jakarta: PAU-PPAL.
30. Tino, V.L. ICT in Education.www. Abdit net/publication/iespprimers/eprimez-edu.pdf (31/10/2009)
31. Wahyuni, Astri, Tias Ayu A.W., Sani Budiman, 2013, Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa, Yogjakarta: UNY Press.
32. Jazmin Seijas Nogareda, Andreas Ziegler. June, 2006. “Green Management and Green Technology: Exploring the Causal Relationship”. Universitet Zurich. Swiss Federal Instituteof Technology Zurich.
33. Jose F. Molina-Azorin, Enrique Claver-Cortes, Maria D. Lopez-Gamero, Juan J. Tari. “GreenManagement and Financial Performance”, http://www.emeraldinsight.com/journals.htm?articleid=1801048&show=abstr
34. Richard Florida, Derek Davison, Maret 2001. “Gaining from Green Management: EnvironmentalManagement Systems Inside and Outside
the Factory”. Email: florida@cmu.edu
35. Rudi Haryadi, 2009. “Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen MelaluiMendekatan Marketing Mix
(Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta)”. Thesis,Universitas Diponegoro, Semarang.
http://www2.algonquincollege.com/business/program/green-businessmanagement/
http://www.britishcouncil.org/usa-education-why-study-in-the-uk-greendegrees.html
http://gmba.doshisha.ac.jp/greenmba/what_is_green_mba.html
http://www.sony.net/SonyInfo/csr/compliance/index.html
http://www.sfia.net/distance-learning/distance-learning-overview/greenprojectmanagementcourses-gmp1-gpm10e2/
http://www.usanfranonline.com/chief-greenofficer/
http://www.unibocconi.eu/wps/wcm/connect/SitoPubblico_EN/Navigation+Tree/Home/Schools+and+Programs/Graduate+School/Prospective+Students/Economics+and+Management+of+Innovation+and+Technology/Program+Structure/Major+in+Green+management+and+sustainability_Bracco+2011+01+10+03+34
http://ocw.unu.edu/maastricht-economic-and-social-research-and-trainingcentreon14innovation-and-technology/environment-and-sustainabledevelopment/lectures/
Published
2020-01-13
How to Cite
Prihatiningsih, M. (2020). Growth Enterpreunership Sebagai Variabel Moderating Berbasis Manajemen Kinerja Lingkungan Menuju Green- Bussines Organizational. Media Akuntansi, 31(02), 25. Retrieved from http://jurnal.stiepignatelli.ac.id/index.php/mak/article/view/47