PENGEMBANGAN INTERPREUNER BERBASIS INOVASI DAN IT BAGI IKM-IKM DI PAJANG LAWEYAN SALA JAWA TENGAH

  • Margaretha Pri Hatiningsih STIE St. Pignatelli, Surakarta, Jawa Tengah
  • Kuntono Kuntono STIE St. Pignatelli, Surakarta, Jawa Tengah
  • Yusup Hari Subagyo STIE St. Pignatelli, Surakarta, Jawa Tengah
Keywords: entrepreuner, inovasi, IT, dan IKM-IKM

Abstract

IKM (Industri Kecil dan Menengah) sebagai salah satu pilar penggerak  ekonomi kerakyatan harus mendapatkan  pembinaan secara khusus serta  bertahap agar terus berkembang.  Industri kecil menengah mampu berperan secara efektif dan efesien dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran sehingga mampu berkontribusi besar pada perekonomian nasional. Tanpa ada campur tangan dari Disperindag, Industri kecil menengah dalam beroperasional tidak akan dapat berjalan lancar. Dari Hasil pengamatan langsung perkembangan Industri kecil dan menengah di kota Surakarta meningkat seiring dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat yang lebih bervariatif. Disperindag memberikan pembinaan, pengawasan dan sekaligus sebagai fasilitator terhadap IKM-IKM baru. Disperindag  Melakukan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan industri dalam menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dan mengusahakan peningkatan serta pengembangan kerja sama tersebut. Saat ini ada 7 (Tujuh) Sentra IKM telah dibina oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, 11(Sebelas) Sentra belum mendapat binaan, dan 5 (lima) Sentra IKM berada di luar binaan dinas menjadi sasaran binaan TPL IKM. Pembinaan tersebut dapat dikembangkan dalam bentuk pelatihan, ceramah, pemberian pengetahuan dan salah satunya dalam bentuk kegiatan Pelatihan enterpreuner berbasis inovasi dan IT bagi IKM Sabun cuci di lingkungan sekitar -SMK St. Paulus Pajang Laweyan Surakarta ini dilaksanakan oleh Akademisi bidang Pengabdian kepada Masyarakat  bersama Tim Mitra dan Kerjasama STIE St. Pignatelli Surakarta dengan baik. Adanya Perubahan  secara global yang dapat dilihat dari Mobilitas, Keserempakan, dan terobosan-terobosan baru, kedekatan lokasi, sikap yang dapat menentukan lingkungan bisnis disekitar kita dipenuhi oleh lautan INOVASI yang dibantu oleh Kemajuan penggunaan teknologi informasi (IT). Kesementaraan, keanekaragaman dan kebaruan penting mendapat perhatian dan respon secara aktif untuk kunci suksesnya perusahaan-prusahaan IKM tersebut. Dalam hal ini muncul fenomena tentang Enterpreuner yang sangat dibutuhkan untuk Kunci suksesnya IKM-IKM baru. Oleh sebab itu penting diketahui tentang bagaimana karakter dan tahap-tahap perilaku inovatif, model perilaku inovatif, prisip, dan macam perilaku inovatif yang meliputi Inovasi produk, proses bisnis dan inovasi jasa/ layanan. Sehingga jika hal penting di atas dapat diterapkan dalam rangka menumbuhkan jiwa KWU dengan enterpreuner berbasis inovasi dan IT dapat dilaksanakan dengan baik maka kunci sukses itu akan terbuka lebar bagi IKM-IKM baru dilingkungan sekitar kita khususnya SMK St. Paulus Pajang Laweyan Surakarta Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya.

References

Siti Nurhayati, 2016, Jurnal ilmiah IKM Penggerak Ekonomi Kerakyatan, website.
Soekanto, 1985 : 236-237; Industri basic dan Non basic; Jurnal ilmiah, website.
Margaretha Pri Hatiningsih, 2017, Hasil Penelitian dan Pengabdian Metode Penetapan Harga Pokok Produksi Industri Soun Di Manjung, Ngawen Klaten.
Kepres- UU No. 9 tahun 1995: Tentang Industri Kecil Menengah (IKM), website.
Kepres-UU No. 99 Tahun 1998 : Pengertian Industri Kecil Menengah (IKM), website
BPS, 1995: Pengertian & Kriteria IKM (Industri Kecil Menengah)., website.
Kwik Kian Gie, 1997: 265; Pengertian IKM berdasarkan aspek social & ekonomi., Jurnal Ilmiah, website.
John adair, 1996 : Pengertian Inovasi., Jurnal ilmiah, website.
Gde Raka, 2001:Pengertian Inovasi, Jurnal ilmiah, website.
John Adair, 1996: Perilaku Inovatif, Karakter Individu Jurnal ilmiah, website.
Robert W Olson: The Creative Thinking.Jurnal ilmiah, website.
George JM & Zhou J, 2001 : Pengertian Kreativitas dan Inovasi, Karakter Inovative, Jurnal ilmiah, website.
Dedi Supriyadi, 1994 : Hambatan Kreativitas.Jurnal ilmiah, website.
Scott SG & Bruce RA, 1994: Tahap-tahap Perilaku Kreative, Model Perilaku Inovative Individu.
Prof. DR. BJ. Habibie, 2017; Jurnal ilmiah Technologi & Inovasi. Website.
Peter Drucker dalam GDe Raka, 2001: Prinsiples Of Innovation: The Do’s, Jurnal ilmiah website.
Published
2019-01-29
How to Cite
Hatiningsih, M., Kuntono, K., & Subagyo, Y. (2019). PENGEMBANGAN INTERPREUNER BERBASIS INOVASI DAN IT BAGI IKM-IKM DI PAJANG LAWEYAN SALA JAWA TENGAH. Media Akuntansi, 31(01), 037 - 043. Retrieved from http://jurnal.stiepignatelli.ac.id/index.php/mak/article/view/5