PENDAMPINGAN TRANSAKSI EFEK BERDASAR MEKANISME PERDAGANGAN PASAR MODAL DI INDONESIA DENGAN SIMULASI INTERAKTIF

Authors

  • Saptani Rahayu STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
  • Indriyana Widyastuti STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
  • V.Titi Purwantini Sudijono STIE AUB SURAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.47202/mak.v33i01.109

Keywords:

Pasar Modal, Simulasi interaktif, mekanisme perdagangan efek

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai salah satu tri dharma perguruan tinggi. Perguruan Tinggi sebagai mitra Bursa Efek Indonesia dalam mengenalkan investasi di pasar modal sejak dini kepada masyarakat umum di Indonesia. Hal tersebut berdasar pada fenomena bahwa investasi pada instrument pasar modal bukan  menjadi pilihan utama dengan demikian perlu dilakukan sosialisasi tentang transaksi pasar Modal kepada masyarakat. . Data BEI menunjukkan bahwa porsi kepemilikan domestik di pasar saham Indonesia meningkat cukup pesat. Kepemilikan domestik di pasar saham sebesar 37,08 persen diatahun 2013, sementara itu investor asing mendominasi sebanyak 62,94 persen. Akan tetapi, Pada tahun 2017 porsi kepemilikan asing di pasar saham sudah menyusut menjadi 52,23 persen. Dan disaat ini pada tahun 2020 kepemilikan saham sudah mencapai 65%. Porsi kepemilikan investor domestic diharapkan terus bertambah dengan berbagai macam program yang disusun antara BEI dengan GI BEI . GI BEI di perguruan tinggi yang dibentuk atas kesepakatan bersama antara BEI dengan Perguruan Tinggi memuat tujuan utama memberikan pengetahuan tentang invetasi pada pasar modal melalui jalur pendidikan formal. Komitmen yang dibangun adalah inklusi pengetahuan tentang pasar modal sejak usia muda yang dapat dilakukan sejak dini mulai mahasiswa bahkan sejak pelajar. Beberapa media pembelajaran dipersiapkan atas kerja sama BEI dengan Galeri Investasi BEI dalam rangka memasyarakatkan investasi di pasar modal sejak dini. Media pembelajar tersebut antara lain: buku sekolah pasar modal, data historis harga saham dan instrument pasar modal yang lain, data laporan keuangan, data laporan keuangan yang ada pada web TICMI dan program sertifikasi Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE). Media simulasi perdangan saham secara online juga dipersiapkan oleh BEI berupa akun virtual untuk belajar melakukan transaksi saham (IDX Virtual Trading). Selain itu, simulasi perdagangan saham juga dilakukan dalam bentuk permainan kartu yang disebut Stock Lab Card. Permainan kartu ini memberikan simulasi secara interaktif tentang beberapa hal yang seringkali terjadi di perdagangan pasar saham termasuk memberikan simulasi bagaimana investor menjual dan membeli saham.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk inklusi pemahaman tentang perdagangan pasar modal di Indonesia dan simulasi trmsaksi efek yang dilaksanakan ini adalah untuk pelajar (siswa SMA). Peserta kegiatan telah mendapatkan pengetahuan tentang efek di pasar modal Indonesia termasuk mekanisme perdagangannya, serta simulasi perdagangan dengan menggunakan kartu stock lab. Kegiatan diikuti oleh 26 siswa SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo.

References

Desmond, W. (2011). Analisis Fundamental Saham (2nd ed.). Jakarta: Exceed.

Khoroshilov, Y. (2013). Momentum trading strategy and investment horizon?: an experimental study. Journal of Economic Stiudoes, Emerald Group Publishing Limited, 39(1), 4–12.

Latan, H. (2014). Aplikasi Analisis Data Statistik untuk Ilmu Sosial Sains dengan Stata (1st ed.). Bandung: ALFABETA.

Murti, N. W., & Widyastuti, I. (2017). Merumusakan Pertimbangan Keputusan Cut Gain dan Cut Loss Aktifitas Jual Beli Saham Bagi Tipe Swinger dan Scalper. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper?: Hasil Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang (pp. 380–198).

PT Bursa Efek Indonesia. (2018). Galeri Investasi BEI. Retrieved October 23, 2018, from http://www.idx.co.id/produk/galeri-investasi-bei/

Published

2021-06-25

How to Cite

Rahayu, S., Widyastuti, I., & Sudijono, V. P. (2021). PENDAMPINGAN TRANSAKSI EFEK BERDASAR MEKANISME PERDAGANGAN PASAR MODAL DI INDONESIA DENGAN SIMULASI INTERAKTIF. Media Akuntansi, 33(01), 168 - 179. https://doi.org/10.47202/mak.v33i01.109