PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014

Authors

  • heru suwasono STIE St. Pignatelli
  • Yenni Maria Sridarta STIE St. Pignatelli, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47202/mak.v30i01.77

Keywords:

Corporate Governance (CG), Kinerja Keuangan (ROA), Nilai Perusahaan (PBV).

Abstract

Penelitian ini untuk menguji pengaruh Corporate Governance terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Corporate Governance dalam penelitian ini menggunakan indikator kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010- 2014. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dari 142 perusahaan yanggo public diperoleh 10 perusahaan sampel yang memenuhi syarat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio keuangan untuk mengetahui kondisi rasio keuangan perusahaan dari variabel yang diteliti, analisis jalur (Path Analysis) untuk mengetahui besarnya kontribusi yang ditunjukkan oleh koefisien jalur pada setiap diagram jalur, uji hipotesis menggunakan t-statistik dan F-statistik selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal.Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsiklasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) CG tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) CG tidak berpengaruh tehadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA, 3) kinerja keuangan yang diukur dengan ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, 4) CG tidak  tidak memengaruhi nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Hasil penelitian menunjukkan kinerja keuangan yang tinggi dapat memberikan nilai tambah kepada nilai perusahaannya, yang tercermin dengan meningkatnya nilai PBV.

References

Awat, Napa. Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama.Gramedia Pustaka Utama;Jakarta, 1991.

Darsono, MBA dan Ashari.Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan.Yogyakarta: Adni,2005.

Departemen Agama R.I., AlQur’an dan terjemahannya. Shihab, M. Quraish. Tafsir Al Misbah; pesan,kesan dan keserasian Alqur’an, volume 2. Lentera Hati. Jakarta. 2002.

Febrina.“Pengaruh Komisaris Independen Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Wholesale Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)”. Jurnal Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas, 2010.

Forum for Corporate Governancein Indonesia.“Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan)”.www.fcgi.or.id, 2002. (10 Januari 2016).

Frysa, Irene Rini. “Analisis Pengaruh Mekanisme GCG terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2009)”. Semarang: Jurnal Riset Akuntansi, Manajemen, Ekonomi? Volume I nomor I.2010.

Ghozali,Imam.Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program IBMSPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Ireland ,R. Duane, Robert E. Hoskisson and Michael A. Hitt, The Management of Strategy, South-Western Cengage, 2009.

Jensen, Michael C, dan W.H. Meckling. Theory of the Firm : Managerial Behaviour, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics.1976.

Krismiaji, Y Anni Aryani, Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: UPP STIM YKPM,2011.

Kusumawijaya Dewa, Kadek Oka. “Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI”. Denpasar: Universitas Udayana. 2011.

Nasution,Marihot dan Doddy Setiawan, “Pengaruh Corporate Governance terhadap Laba di Industri Perbankan Indonesia” , Simposium Nasional Akuntansi 10, 26-28 Juli: UNHAS Makassar,2007.P

Pardede Ratlan, Renhard Manurung. Analisis Jalur=Path Analysis, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Pertiwi Tri Kartika, Pratama Feri Ika Pratama. “Pengaruh Kinerja Keuangan,GCG terhadap nilai perusahaan Food and Beverage”.Jakarta: Jurnal Manajement dan Kewirausahaan Vol. 14 No. 2. 2012

Prasetyantoko.Pendekatan Institusional Corporate Governance.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.

Reny, Denies. “Pengaruh GCG dan Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan”. Yogyakarta: Jurnal Nominal/Vlume 1 nomor I.2012.

Retno, Reny Dyah, Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan corporate Social Responsibiity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007- 2010), Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta,2012.

Sitanggang, Manejemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta, 2014.

Suranta, Eddy dan Pratana Puspita Merdistusi, “Income Smoothing, Tobin’s Q, Agency Problems dan Kinerja Perusahaan”.Bali: Makalah Disampaikan dalam Simposium Nasional Akuntansi VII, 2004.

Sutedi, Adrian. “Good Corporate Governance”. Jakarta: Sinar Grafika. 2012. Ulupui, I.G.K.A.”Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas terhadap Return saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Jakarta)”. Jurnal Akuntansi dan Bisnis.Vol. 2. No. 1, Januari: 88 – 102.2007.

Triwahyuningtias, Meilinda.“Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan. Ukuran Dewan Komisaris Independen, Likuiditas Dan Leverage Terhadap Terjadinya Kondisi Finansial Distress”. 2012.

Van Home,James,C. “Fundamental Of Financial Management”. New York: Prentice Hall. 1995.

Wardhani, Ratna. “Mekanisme Corporate Governance dalam Perusahaan yang Mengalami Permasalahan Keuangan (Financial Distress Firm)”.Padang: Simposium Nasional Akuntansi IX. 2006.

Wardoyo, Theodora. “Pengaruh GCG,CSR dan Kepemilikan Keuangan terhadapNilai Perusahaan”. Jakarta: Jurnal Dinamika Manajemen Vl 2 No 2. 2013.

Winardi.“Ekonomi Manajerial”. Bandung: Mandar Maju.2001.

Published

2018-06-30

How to Cite

suwasono, heru, & Sridarta, Y. M. . (2018). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014. Media Akuntansi, 30(01), 031 - 044. https://doi.org/10.47202/mak.v30i01.77

Most read articles by the same author(s)