STRATEGI PENCADANGAN KERUGIAN PIUTANG PADA KOPERASI SERBA USAHA KARYA SEMBADA PERUMDA PERGUDANGAN SURAKARTA

Authors

  • Basuki Sri Rahayu
  • Heriyanta Budi Utama

DOI:

https://doi.org/10.47202/mak.v32i02.99

Keywords:

Piutang tak tertagih, Cadangan kerugian Piutang

Abstract

Kegiatan pendampingan tentang strategi pencadangan kerugian piutang pada Koperasi Serba Usaha (KSU) “ Karya Sembada ‘ Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha Pedaringan Kota surakarta.

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  adalah memberikan pemahaman dan pendampingan kepada pengurus dan anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Karya Sembada Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha Pedaringan Kota Surakarta sehingga para pengurus dan anggota  mampu memahami tentang manajemen atau pengelolaan piutang yaitu berhubungan strategi pencadangan pitang. penghapusan kerugian piutang tak tertagih khususnya dibidang usaha simpan pinjam. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan pengurangan kerugian piutang atau pengembalian pinjaman yang bermasalah di Koperasi Serba Usaha (KSU) Karya Sembada  sehingga perputaran pinjaman akan bertambah dan  koperasi Serba Usaha (KSU) Perumda Pergudangan Dan Aneka Usaha Pedaringan Kota Surakarta mampu berkembang baik untuk memenuhi tuntutan pengurus dan anggotanya.

Hasil kegiatan dalam hal ini  peserta  yaitu pengurus dan anggota yang hadir merespon positif atas pembahasan materi dari tim dan berharap akan dapat menambah wawasan  dalam mengelola koperasi khususnya dibidang usaha simpan pinjam.diharapkan dapat meminilkan tunggakan pinjaman yang masih ada walaupun relatif  sedikit.

 

References

Haryono Yusup, 2001, Pengantar Akuntansi II, BPFE UGM, Yogyakarta

Jeffery Whiteten, 2004, The Purpose of this activity is to define the boundary of the system and project.

Jochen Rope,Prof .Dr ,2003. Ekonomi Koperasi Teori Dan Manajemen, Salemba Empat, Jakarta.

Partomo, 2009, Aktivitas Koperasi Simpan Pinjam.

Revrisol Baswir, 1999, Koperasi Indonesia, BPFE UGM,Yogjakarta.

Simamora Henry, 2000, Akuntansi : Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Salemba Empat , Jakarta

Sumarsono, 2003 , Manajemen Koperasi teori dan Praktek Edisi Pertama Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sutrisno, 2003, Manajemen Keuangan, Ekonisia, Yogyakarta

Published

2020-09-12

How to Cite

Rahayu, B. S., & Utama, H. B. (2020). STRATEGI PENCADANGAN KERUGIAN PIUTANG PADA KOPERASI SERBA USAHA KARYA SEMBADA PERUMDA PERGUDANGAN SURAKARTA. Media Akuntansi, 32(02), 73 - 83. https://doi.org/10.47202/mak.v32i02.99